Galaksion check: 227dda8868d4bc6b382b679a09694b21 Pengertian Coreldraw, sejarah, fungsi, kelebihan dan keunggulan - FILE.YADIINFO
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Coreldraw, sejarah, fungsi, kelebihan dan keunggulan

Pengertian Coreldraw, sejarah, fungsi, kelebihan dan keunggulan

Corel Draw ialah sebuah program computer editor diagram vector yang berperan untuk memproses gambar dan sering dipakai pada sektor publisitas, percetakan, dan sektor yang lain memerlukan proses visualisasi. Corel Draw (dicatat:CorelDraw) sebagai software yang diperkembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan piranti lunak yang berbasiskan di Ottawa, Kanada.

Sejarah Coreldraw

Pendiri Corel Corporation ialah Michael Cowpland yang lahir 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Beliau lulus Bachelor of Engineering di Kampus Imperial, London saat sebelum berpindah ke Kanada dan raih gelas master Ph.D. dari Carleton University, Kanada. Saat sebelum membangun Corel, Michael Cowpland dan Terry Mathews pernah membangun perusahaan telekomunikasi namanya Mitel Corporation yang sukses besar pada tahun 70-an sampai awalnya 80-an.

Tetapi pada akhirannya, karena permasalahan management, pengembangan dan peningkatan perusahaan yang tidak berhasil pada tahun 1984 perusahaan dibeli oleh British Telecom. Tidak lama, Michael Cowpland dan partnernya keluar perusahaan itu. Dengan dana fresh, Cowpland coba keberuntungan kembali dengan membangun COwpland REsearch Laboratory atau sesudahnya kita mengenal dengan kependekan Corel. Sebelumnya corel fokus pada peningkatan printer laser untuk computer individu.

Tetapi, diperjalanan, corel kesusahan tembus pasar kompetisi, ditambah beberapa produsen di Asia berani keluarkan harga terjangkau untuk beberapa produk sama. Perusahaan juga selanjutnya mengganti arah dengan menghasilkan piranti lunak yang memberikan dukungan beberapa pekerjaan yang terkait dengan dekstop publishing. Dan di tahun 1987 Corel mengaryakan beberapa programmer salah satunya ialah Pat Beirne dan Michel Bouillon untuk membuat software CorelDraw. dua tahun sesudahnya, CorelDraw dikenalkan di 1989 dan meletus di pasar.

Fungsi Coreldraw

Corel Draw tawarkan bermacam keunggulan ke pemakainya. Sebagai program yang sering dipakai untuk proses visualisasi. Corel Draw bisa hasilkan gambar dengan kualitas baik dan tidak kalah dari bitmap walau berbasiskan vector. Berikut ialah fungsi-fungsi dan manfaat dari coreldraw;

  • Membuat Design Simbol
    Sebuah perusahaan, web, toko atau instansi memerlukan simbol sebagai simbol identitas kebanggaannya. Beberapa pendesain grafis umumnya memakai Corel untuk membikin hal itu.
  • Membuat Design Edaran, Poster dan Undangan
    Membuat edaran atau undangan makin menarik bila penampilannya tidak flat. Dengan coreldraw kamu dapat membuat design makin menarik, apa lagi dengan adanya banyak opsi font yang dapat digabungkan dengan gambar dan bermacam warna.
  • Membuat Design Sampul Buku
    Sebuah buku akan kelihatan menarik bila covernya menarik. Corel sering dipakai untuk membikin sampul buku, dimulai dari cover yang berpenampilan design simpel sampai sulit.
  • Membuat Contoh
    Corel biasa dipakai untuk membikin contoh, misalkan contoh serigala yang sedang mengaum di tengah-tengah bulan purnama dan lain-lain.
  • Membuat Kartun
    Kamu dapat berkreatifitas dengan garis dan lengkungan untuk membuat figur imajinatif seperti pada dunia perkartunan. Kamu dapat membuat gambar kartun yang dirangkai dengan plot narasi, hingga kelak jadi sebuah komik yang bisa dicicipi beberapa pembaca.
  • Menghapus background
    Tahukah kamu kalo di coreldraw terdapat menu Bitmap salah satu Toolnya Magic Wand Mask yang bisa kita pakai untuk menghapus objek tertentu termasuk menghapus background. Bagaimana caranya? o ya Aplikasi yang saya gunakan adalah Coreldraw 2019, jika sobat pake versi lain ngak masalah caranya tetap sama kok

 Kelebihan CorelDraw

  • Lebih Pemakai Friendly
    Untuk pemakai pemula, penampilan CorelDraw lebih berteman dibanding AI. Penampilan Coreldraw simpel dan pemakai kemungkinan lebih terlatih karena tatanan letak dan warna latarnya seperti ms word. Dan Sejumlah fitur AI lebih kompleks dan terselinap.
  • Formart Impor dan Ekspor Cukup Komplet
    Coreldraw memiliki banyak pola save data bagus untuk kepentingan impor atau ekspor data. Bahkan juga coreldraw sediakan pola AI, maknanya data yang dibikin di coreldraw juga bisa dibuka di Adobe Illustrator yang notabene ialah pesaingnya. Ini tidak berlaku kebalikannya.
  • Resolusi TinggiCorelDraw sediakan resolusi atau kemampuan gambar yang besar, ukuran dimulai dari inchi, milimeter, cm. sampai km . Maka software ini pas dipakai pada industri yang terkadang harus cetak gambar dalam rasio gambar besar.
  • Ramah di Percetakan
    Bagaimana juga Corel lebih terkenal dibanding produk keluaran pesaingnya. Saat akan cetak/print gambar ke percetakan, software yang terinstal dalam computer mereka ialah Corel.

Kekurangan Coreldraw

  • Kapasitas file besar
    Apikasi ini menuntut pemakaian PC yang mempunyai detail oke dan dalam bidang RAM yang tinggi karena kapasitas file mentah yang dibuat dapat lumayan besar. Apa lagi bila bentuknya termasuk kompleks.
  • Susah untuk membikin tabel
    Karena berbasiskan vector, membuat tabel di Corel Draw cukup sedikit susah karena memerlukan beberapa click untuk memperoleh hasil tabel sesuai yang diharapkan.
  • Colour Ruang harus direvisi saat sebelum pemakaian secara professional
    Persoalan paling besar yang ditemui oleh pendesain grafis saat memakai Corel Draw ialah ketepatan warna dari palet yang disiapkan. Seringkali, warna yang dipakai tidak sesuai hasil cetakan.

Download Coreldraw

Bagi teman teman yang belum punya aplikasinya , silakan download melalui laman resminya, kemudian dilanjutkan dengan menginstall coreldraw nya supaya bisa dijalankan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Coreldraw, sejarah, fungsi, kelebihan dan keunggulan"